|

Cara Ganti Blackberry Baru Tanpa Re-invite


Saya yakin anda seringkali mengganti handphone anda karena sudah rusak atau ketinggalan mode. Beberapa orang bahkan menganggap handphone seperti fashion sehingga segera setelah model baru keluar, maka anda akan segera mengganti handphone lama anda agar tidak ketinggalan. Sayangnya, jika anda menggunakan handphone keluaran Blackberry, pergantian pesawat tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jika pada handphone  selain Blackberry anda mungkin tinggal memindahkan SIM Card dan Contact, maka untuk smartphone satu ini ceritanya jelas berbeda.

Sudah menjadi rahasia umum mengapa Blackberry begitu populer dan selalu unggul dibandingkan keluaran Apple atau handphone OS Android (lupakan Nokia), yaitu karena adanya fasilitas  chat atau lebih dikenal sebagai BBM (Blackberry Messenger). Walaupun fasilitas seperti ini bisa diinstall di handphone keluaran Apple atau Android, misalnya dengan Yahoo Messenger atau Googgle Talk, tapi tidak ada yang menyaingi ekslusivitas dari BBM. Jika handphone anda lebih dari satu, hampir pasti salah satunya adalah Blackberry. Belum lagi fasilitas email push dari Blackberry yang dikenal sebagai BIS (Blackberry Internet Service). Bukan karena kedua saingannya tadi tidak bisa menawarkan fasilitas ini, tapi Blackberry menawarkan keamanan ekstra dan kemudahan dalam mengirim dan menerima email semudah menulis SMS. Satu hal lagi yang sering dilupakan adalah kemudahan browsing internet dan kemampuan battery sehari penuh untuk selalu nyambung di dunia maya secara real time. Walaupun terkesan boros karena harus selalu di charge tiap hari, tapi sejujurnya tidak ada handphone selain Blackberry yang sanggup terkoneksi dengan internet selama 24 jam. Silahkan anda buktikan sendiri.

Dengan segala kelebihannya Blackberry tak ubahnya seperti komputer kecil ditangan anda. Dan akibatnya adalah tidak semua orang mengerti cara kerja Blackberry, terutama berhubungan dengan koneksi internet. Tidak seperti handphone lainnya yang tidak memiliki PIN (nomor khusus selain IMEI), semua aturan harus benar agar semua fungsi tadi dapat berfungsi dengan baik dan benar. PIN ini bagaikan nomor telpon yang bisa terkoneksi antara sesama pengguna Blackberry agar dapat melakukan chat melalui BBM. Masalah yang timbul kemudian adalah bagaimana anda mengganti perangkat Blackberry lama dengan baru tanpa harus invite ulang atau bahkan tanpa diketahui pemilik PIN lain, dan semua fungsi baik BIS dan aplikasi pihak ketiga dapat pindah bagaikan di copy paste??

Sebenarnya hal ini disadari betul oleh pihak RIM, sehingga bukanlah hal yang sulit. Masalahnya kita tidak selalu tukar menukar Blackberry layaknya handphone merk lain. Selain prosesnya memakan waktu, tentunya model baru tidak keluar setiap hari bukan. Nah, jika anda sekarang punya dua pesawat Blackberry atau baru saja membeli model terbarunya, ini yang anda harus lakukan.

1. Menggunakan PC atau laptop, install Aplikasi Blackberry Desktop Manager di komputer anda. Aplikasi ini bisa anda peroleh melalui CD yang disertakan saat pembelian atau download langsung di internet.

2. Setelah terinstall di komputer anda, lakukan back up terlebih dahulu Blackberry lama anda menggunakan aplikasi tadi. Anda bisa menggunakan cable data yang juga ada dalam kotak pembelian untuk menghubungkan Blackberry dengan PC.




3. Selanjutnya adalah proses pemindahan data dari Blackberry lama ke yang baru. Caranya adalah dengan memilih menu Device > Switch device. Hubungkan Blackberry lama dan ikuti seluruh instruksi yang muncul. Pada pilihan data anda diberikan dua pilihan yaitu Device data dan Third-party applications. Jika anda ingin memindahkan semua data dan aplikasi yang terinstal, pilih keduanya. Jika hanya data saja maka cukup Device data yang anda pilih. Setelah itu anda diminta untuk mengganti Blackberry dengan yang baru. Jika proses tersebut telah selesai, maka anda sudah separuh jalan.


4. Sebelum anda memindahkan SIM Card dan kartu memori lama ke Blackberry baru, pastikan semua data sudah pindah. Misalnya contacts, PIN BBM, email, SMS atau data-data di internal memori. Jika setelah diperiksa ternyata semua data telah pindah maka Blackberry baru anda telah siap. Jangan lupa untuk memindahkan kartu memori lama ke Blackberry baru anda agar semua aplikasi dan data lama dapat anda akses. Secara otomatis PIN BBM teman anda akan berfungsi normal, walaupun butuh waktu yang tidak sebentar. Tunggu semua photo profil mereka muncul baru anda dapat yakin semua PIN teman-teman anda sudah kembali seperti sedia kala. Terakhir, buka email account setup anda dan lakukan proses aktivasi dengan cara memasukkan password email agar fasilitas BIS kembali seperti semula.

5. Jika Blackberry lama hendak dijual, jangan lupa untuk melakukan proses wipe agar data-data tersebut tidak disalahgunakan atau terjadi konflik dengan PIN baru anda. Caranya adalah dengan masuk ke menu Option>Security>Security Wipe. Ikuti semua perintah dan setelah selesai, cek kembali apakah semua data-data lama seperti contact, PIN BBM, email dan SMS telah terhapus . Bila semua telah terhapus, maka Blackberry lama anda siap untuk dilego dengan aman.

Semoga membantu :)

Posted by capunx on Jumat, Januari 04, 2013. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

3 komentar for "Cara Ganti Blackberry Baru Tanpa Re-invite"

  1. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

  2. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

Leave a reply

Capunx Inc.

Tags